Sunday, January 28, 2018

Tugas halaman 170 Teks Negosiasi

Kunci Jawaban Soal Latihan Buku Bahasa Indonesia kelas X kurikulum 2013

Teks Negosiasi

Tugas halaman 170


Menyusun Teks Negosiasi Lisan dalam Bentuk Dialog
Untuk menyusun teks negosiasi, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi permasalahan yang perlu dinegosiasikan oleh beberapa pihak karena adanya perbedaan kepentingan. Berikut ini contoh permasalahan yang bisa diangkat menjadi topik negosiasi.

a.      Larangan membawa sepeda motor ke sekolah.
b.      Kegiatan siswa di sekolah dibatasi hingga jam 16.00 WIB.
c.      Rencana pembangunan cafe di samping masjid/ gereja di kampungmu.


Tugas :
1.      Secara berkelompok, lakukan pengamatan terhadap kehidupan sosial di sekitarmu. Datalah permasalahan-permasalahan yang perlu diselesaikan melalui negosiasi !
2.      Pilihlah salah satu di antara permasalahan tersebut sebagai topik teks negosiasi.
3.      Susunlah teks negosiasi dalam bentuk dialog berdasarkan topik tersebut.
4.      Demonstrasikan teks negosiasi yang telah kamu buat di depan kelas.
Jawaban :

Pertanyaan
Jawaban
Lakukan pengamatan terhadap kehidupan sosial di sekitarmu. Datalah permasalahan-permasalahan yang perlu diselesaikan melali negosiasi.

·                  Lama waktu peminjaman buku perpustakaan
·                  Larangan membawa motor ke sekolah
·                  Keharusan mengenakan sepatu hitam polos

..............................................................................
Pilihlah salah satu di antara permasalahan tersebut sebagai topik teks negosiasi.
Larangan membawa motor ke sekolah
Susunlah teks negosiasi dalam bentuk dialog berdasarkan topik tersebut.
Siswa
Selamat pagi, Pak. Saya Andra dari kelas XII MIA

Kepala Sekolah
Silahkan duduk, Andra. Bisa dibantu?

Siswa
Saya minta petunjuk, Bu. Rumah saya jauh dan tidak dijangkau angkutan. Sarana transportasi yang kami miliki hanya sepeda motor. Itupun yang bisa mengoperasikan hanya saya. Jadi, agar saya bisa datang tepat waktu, bolehkah saya membawa motor ke sekolah?

Kepala Sekolah
Kami membuat larangan itu untuk anak-anak yang belum punya SIM. Agar tidak terkena razia polisi, kami sarankan orang tua yang mengantar.

Siswa
Orang tua saya tidak bisa naik motor, Pak. Lagipula setiap pagi beliau harus bekerja di kebun. Saya sudah punya SIM sejak setahun yang lalu, Pak.

Kepala Sekolah
Kalau begitu kamu boleh membawa motor. Tetapi ingatlah untuk selalu membawa SIM dan STNK, mengenakan helm dan menaati peraturan lalu lintas.

Siswa
Saya selalu melakukan semua itu, Pak. Orang tua saya juga selalu mengingatkan. Terima kasih, Pak.

Kepala Sekolah
Sama-sama.
Demonstrasikan teks negosiasi yang telah kamu buat di depan kelas.
Demonstrasi di depan kelas


13 comments: